ANALISIS STRUKTUR TEKS NARASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI

  • Noormaliah STKIP PGRI BANJARMASIN
Keywords: teks narasi, gambar seri

Abstract

Pengenalan teks narasi secara keseluruhan adalah salah satu langkah untuk membuat para siswa di jenjang sekolah menengah atas agar mampu menganalisa teks dan menguasai konsep dari struktur teks narasi dengan baik. Bermula dari permasalahan siswa dalam menguasai teks narasi yang sering muncul pada siswa kelas 11 maka guru bahasa Inggris berusaha membantu siswa dengan menggunakan media pembelajaran berupa gambar seri. sehingga penelitian ini bertujuan menggambarkan langkah-langkah guru dalam membantu siswa untuk menganalisa struktur teks narasi dengan cepat dan benar. Penelitian ini mengunakan diskritif qualitatif dengan menggambarkan situasi di dalam kelas dan langkah-langkah yang dilakukan guru dalam penggunaan cerita melalui gambar berseri. Pengumpulan datanya melalui observasi di dalam kelas dengan menggunakan field note, dokumen siswa berupa lembar kerja siswa serta kamera handphone untuk mengabadikan kegiatan tersebut. Penelitian ini berfokus pada pengaplikasian media gambar seri dalam membantu siswa menganalisa struktur teks narasi dengan tepat.

References

Arsyad, A. (2002) Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hamalik, Oemar. (1990). Metode Belajar dan Kesulitan –Kesulitan Belajar. Bandung: Tarsito

Kosasih, E. (2004), Intisari Bahasa dan Sastra Indonesia. Bandung: CV. Bina Ilmu

Sadiman, A.S. (2009). Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatn. Jakarta: Rajawali Press

Soeparno. (1998) Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara

Sumatri,(1995). Sastra Indonesia. Yogyakarta: PT. Agung Yogyakarta.

Sudarwati, dkk, (2005). Look Ahead Jakarta: Erlangga.

Yuliani, Marta, (2008). Identifying Kinds of Genre, First Edition, Bandung: Pakar Raya Pustaka
Published
2020-04-20
Section
Articles
Abstract viewed = 309 times
pdf downloaded = 4001 times